Koperasi Wanita "SETIA KARTINI" Sidoarjo

Kamis, 21 Mei 2009


Koperasi Wanita "Setia Kartini Wanita" adalah salah satu organisasi koperasi yang saat ini aku ikuti. Bermula dari kebingunganku untuk mencari tambahan modal untuk usaha kecilku di rumah , tidak ada agunan yang aku punya, banyak sich orang menawarkan pinjaman tapi semua dengan bunga tinggi yang menurut aku cukup berat. Tanpa sengaja aku berkenalan dengan Ibu Herry Witjaksana, beliau adalah salah satu pengurus Koperasi SKW itu. Beliau menyarankan aku untuk bergabung di koperasi tersebut. Karena salah satu syarat bergabung adalah membuat kelompok minimal 7 orang lalu aku menghubungi teman-teman yang sama-sama mempunyai usaha sampingan dirumah. Alhamdulillah dapatlah aku 7 orang anggota yang kemudian kami mendaftar sebagai anggota mendapat nomer KELOMPOK XI, kami resmi bergabung sejak tanggal 7 januari 2008 lalu. Banyak manfaat yang sudah kami peroleh dari Koperasi ini, yaitu kami bisa mendapatkan pinjaman modal dengan plafon 4 x jumlah simpana kami, tanpa agunan , tanpa syarat yang jlimet seperti kalau kita pinjam di lembaga lain, cukup dengan persetujuan semua anggota kelompok Bunga cukup ringan dan bisa dianggsur sampai 20 x , kami jadi bisa meningkatkan usaha kami. Disamping itu ada manfaat lain yang aku rasakan sejak bergabung yaitu bertambahnya pengetahuanku tentang perkoperasian secara nyata, pengetahuanku berorganisasi dan pengetahuanku ber wira usaha dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang ada, pun wacana wawasanku bertambah, teman-temankupun bertambah serta bisa mengikuti berbagai kegiatan bazar, demo-demo wirausaha lain-lain.
Sekarang aku ingin memberikan sedikit Gambaran Tentang KOPERASI "SETIA KARTINI WANITA" sebagai berikut :
Koperasi Setia Kartini Wanita berdiri sejak 22 September 1980 dengan wilayah kerja kecamatan Sidoarjo, mendapatkan badan hukum sejak 10 nopember 1981 dengan nomer : 5114/BH/II/81. Anggota Setia Kartini Wanita tergabung dalam kelompok-kelompok berdasarkan tempat tinggal. Adapun Kepengurusan Koperasi, pengurus dipilh oleh dan dari anggota dalam RAT atau Rapat Anggota Khusus, dengan masa jabatan pengurus ditetapkan dalam Anggaran Dasar selama 5 tahun.Setelah masa jabatan habis apabila anggota masih menghendaki boleh dipilih kembali. Saat ini adalah Ibu Herry Fatnanto.Untuk mendekatkan komunikasi antar anggota dan pengurus mengadakan pertemuan/rapat rapat. Rapat ini merupakan salah satu sarana untuk saling memberikan informasi antara pengurus dengan anggota, anggota dengan anggota lainnya. Rapat rapat yang diadakan adalah 1, Rapat Pengurus diadakan 1 bulan 1 kali; 2, Rapat Kelompok diadakan 1 bulan 1 kali ditiap-tiap kelompok dengan dihadiri salah satu pengurus atau PPL yang di tunjuk; 3. Rapat Anggota Tahunan diadakan 1 tahun 2 kali, dan 4. Rapat Anggota Khusus diadakan jika ada hal-hal yang sangat penting.
Permodalan dan Usaha koperasi, Modal Khusus diperoleh dari - Modal sendiri terdiri dari Simpanan Anggota , Simpanan Anggota yang berlaku saat ini adalah Simpanan Pokok Rp. 50.000/ anggota ; Simpanan Wajib Rp. 20.000/bulan dan Simpanan sukarela besarnya sesuai kemampuan anggota. Modal Pinjaman berasal dari PUSKOWANJATI, BUMN (Jasa Marga) serta pihak lain. Modal Donasi berasal dari CCA (Canadia Cooperative Association) dan FES (Fiedrich Ebert Stiftung). Usaha-usaha yang ada di SKW terdiri dari Usaha Simpan pinjam , Kredit UKM dan Unit Pertokoan.
Tujuan dan manfaat dengan hadirnya KSU SETIA KARTINI WANITA bagi masyarakat sekitar adalah :
1. Mementingkan kesejahteraan anggota atau masyarakat yaitu pengadaan pinjaman biaya sekolah, perbaikan rumah pengobatan dll
2. Membantu menambah modal anggota sehingga dapat meningkatkan penghasilan
3. Dengan usaha UKM dapat membantu menambah modal para pedagang kecil untuk meningkatkan usahanya
4. Mengangkat /menghindarkan anggota dari jeratan para renternir
5. Menambah pengetahuan anggota terutama dibidang perkoperasian dan berwirausaha dengan memberikan pelatihan-pelatihan.
Sukses Organisasi :

1. Sudah mempunyai gedung kantor dengan tanahnya milik sendiri
2. Mendapat bantuan keuangan dairi CCA Canada dan FES Belanda untuk bidang pendidikan dan permodalan
3. Pengurus mendapat kesempatan bekunjung ke beberapa negara untuk mlihat perkembangan koperasinya diantaranya Canada Belanda
4. Menjadi Anggota Puskowanjati sejak tahun 1980
5. Menjadi Anggota Koperasi Jasa Audit sejak 1986
6. Menjadi anggota FORMASI (Forum Kerjasama Pengembangan Koperasi) Jakarta sejak 1988
Demikianlah sedikit Gambaran Tentang KOPERASI KARTINI WANITA Sidoarjo, harapan saya semoga bisa menambah wawasan dan memajukan kerkoparasian di Indonesia. Semoga... amin.
By. Ny. Indana PJ Kelompok XI

 
 
 

DETIK NEWS

INFO SEHAT

DUNIA SELEBRITIS